Tips Mencegah dan Menghadapi Aksi Kriminal saat Berkendara

Ilustrasi aksi pembegalan di jalan. (Foto: Dokumen Suzuki)

PARBOABOA, Jakarta - Aksi kriminal merupakan salah satu ancaman serius bagi pengendara di jalanan. Salah satu yang sering terjadi adalah pembegalan. 

Aksi ini dilakukan dengan mengancam pengendara bahkan mencelakakannya agar barang-barang yang ada bisa dikuasai termasuk kendaraan.

Berdasarkan data Polri 2024, terdapat 2.097 kasus pencurian dengan kekerasan (curas, termasuk begal) menyasar pengendara terjadi di sepanjang Januari hingga Mei.

Angka yang tidak sedikit tersebut tentu mengkhawatirkan bagi para pengendara, terutama mereka yang kerap bepergian jauh. Maka demi keselamatan, pengendara maupun penumpang harus tetap waspada.

Apa saja yang bisa dilakukan untuk mengantisipasi dan menghadapi aksi kriminal di jalanan termasuk begal?

Melansir laman resmi Suzuki, berikut hal-hal yang perlu Anda ketahui untuk mencegah maupun menghadapi aksi kriminal ketika berkendara.

Pilih rute yang aman

Memilih rute yang aman dalam perjalanan merupakan salah satu bentuk kewaspadaan agar terhindar dari aksi-aksi kriminal.

Sebaiknya jika berkendara sendiri usahakan pilih jalan yang terang. Hindari jalan gelap dan sepi yang rentan dengan aksi begal.

Tak hanya itu, usahakan HP Anda harus tetap aktif untuk meminta pertolongan jika sesekali ada tanda-tanda kurang bagus. Nomor-nomor penting harus disimpan, seperti nomor kontak polisi dan nomor kontak jasa derek.  

Berhenti di area ramai

Jika Anda ingin beristirahat karena kelelahan, pilihlah tempat yang ramai. Ingat, pelaku kriminal biasanya menyerang pengendara yang menepi di jalanan sepi. 

Dalam kondisi tidak ada yang mengawasi, pelaku akan dengan leluasa merampas ataupun merampok harta benda Anda. Karena itu, sekali lagi hindari tempat sepi saat beristirahat.

Jangan buka pintu mobil dari kejauhan

Kebanyakan mobil saat ini menggunakan pintu otomatis. Tapi Anda tidak boleh lalai dengan kemudahan ini.

Usahakan jangan membuka pintu mobil dari Jarak yang berjauhan.
Anda bisa saja tidak menyadari bahwa ada pencuri yang bersembunyi di sekitar mobil. Mereka mengincar kendaraan dan menunggu saat yang tepat untuk melakukan aksinya.

Simpan barang berharga di tempat aman

Saat Anda keluar dan mampir sebentar, jangan biarkan barang berharga berserakan di dalam mobil.

Kondisi pencurian dalam situasi seperti itu sangat besar. Kalau Anda keluar dari mobil usahakan bawa serta barang-barang berharga seperti HP dan dompet.

Anda juga perlu waspada ketika penjahat memegang senjata. Biarkan penjahat mengambil barang Anda bila itu yang diincarnya, asalkan Anda selamat.

Itulah beberapa tips untuk menghindar sekaligus mewaspadai aksi Kriminal di jalanan. 

Dan ingat, apabila dihadapkan pada situasi darurat yang memaksa untuk berhadapan dengan penjahat, lakukan pertahanan diri seoptimal mungkin. 

TAG :
Baca Juga
LIPUTAN KHUSUS