Hasil Liga Spanyol: Barcelona Ditahan Imbang Getafe pada Laga Pembuka Musim 2023/2024

Barcelona menemui kesulitan di awal Liga Spanyol 2023/2024. Pada pertandingan pekan pertama, yang digelar pada Senin (14/08/2023) dini hari WIB, tim asuhan Xavi Hernandez hanya mampu bermain imbang 0-0 melawan Getafe. (Foto: Instagram/@fcbarcelona)

PARBOABOA – Barcelona menemui kesulitan di awal Liga Spanyol 2023/2024. Pada pertandingan pekan pertama, yang digelar pada Senin (14/08/2023) dini hari WIB, tim asuhan Xavi Hernandez hanya mampu bermain imbang 0-0 melawan Getafe.

Pertandingan ini berlangsung dengan ketegangan. Getafe memberikan perlawanan yang kuat kepada Barcelona.

Selama pertandingan, terjadi tiga kartu merah. Salah satunya diberikan kepada Raphinha, kemudian kepada Jaime Mata, dan yang terakhir kepada Xavi.

Meskipun terdapat beberapa peluang, namun sayangnya tidak ada gol yang berhasil dihasilkan oleh kedua tim.

Hasil imbang ini membuat Barcelona meraih satu poin dan berada di peringkat ke-10 dalam klasemen sementara La Liga 2023/2024. Sedangkan Getafe juga meraih poin yang sama, tetapi berada di peringkat ke-11.

Paruh Pertama

Barcelona mencoba untuk mengambil inisiatif sejak pertandingan dimulai. Mereka mendapat peluang pada menit kedua melalui Gundogan.

Ia melepaskan tembakan dari jarak dekat, namun sayangnya bola mengarah langsung ke kiper. Namun, gol tersebut tidak akan diakui karena Raphinha sudah terjebak dalam offside sebelumnya.

Pada menit keempat, Getafe memiliki peluang emas. Latasa berhasil melewati jebakan offside dan menuju ke gawang untuk menerima umpan panjang dari lini tengah.

Namun, gerakannya diganggu oleh Kounde sehingga ia tidak bisa melepaskan tendangan yang sempurna dan akhirnya terjatuh di kotak penalti. Namun, wasit tidak melihat ada pelanggaran.

Pada menit kedelapan, Barcelona kembali mendapat peluang. Lewandowski melakukan sundulan dari umpan tendangan bebas. Namun, sundulannya mengarah langsung ke kiper dan berhasil diamankan.

Pada menit ke-25, Barcelona mendapat peluang dari tendangan jarak jauh yang dilakukan oleh Romeu.

Ia mendapat ruang untuk melepaskan tendangan beberapa meter di luar kotak penalti. Namun, tendangannya mengarah ke pojok kanan gawang dan berhasil ditepis oleh kiper.

Pada menit ke-35, Barcelona mendapat peluang lagi. Raphinha masuk ke dalam kotak penalti setelah menerima umpan panjang.

Ia mengendalikan bola dan memiliki kesempatan untuk melepaskan tembakan, tetapi sayangnya tembakannya terlalu mudah ditangkap oleh kiper.

Namun, pada menit ke-41, Barcelona harus bermain dengan sepuluh pemain setelah Raphinha mendapatkan kartu merah akibat sikutan kepada lawan. Setelah melihat tayangan ulang, terlihat bahwa ia menyikut lawan.

Wasit memberikan tambahan waktu selama sepuluh menit karena beberapa insiden yang mengganggu jalannya pertandingan.

Meskipun ada waktu tambahan, namun tidak ada gol yang tercipta. Skor akhir pada babak pertama adalah 0-0 antara Getafe dan Barcelona.

Paruh Kedua

Setelah turun minum, Barcelona melakukan penyesuaian taktik. Xavi menggantikan Andreas Christensen dengan Abde Ezzalzouli. Getafe juga melakukan perubahan serupa dengan menggantikan Stefan Mitrovic dengan Portu.

Meskipun bermain dengan sepuluh pemain, Barcelona masih mampu mengendalikan permainan. Pada menit ke-57, Getafe juga harus kehilangan seorang pemain setelah Mata mendapatkan kartu kuning kedua akibat pelanggaran terhadap Araujo.

Pada menit ke-62, Barcelona mendapatkan peluang bagus. Kounde memberikan umpan silang dari sisi kanan menuju tiang jauh. Bola berhasil dilepas oleh kiper namun Lewandowski mencoba untuk menyundulnya. Sayangnya, sundulannya tidak melewati garis gawang karena sundulan Alvarez.

Pada menit ke-69, terjadi satu kartu merah lagi. Kali ini, Xavi yang mendapat kartu merah akibat protes berlebihan terhadap wasit. Sebelumnya, legenda Barcelona ini sudah mengeluhkan pelanggaran yang menurutnya terjadi di kotak penalti, namun wasit tidak menganggap ada pelanggaran.

Pada menit ke-75, Barcelona mendapat peluang bagus dari Abde. Ia menerima umpan dari Pedri dan melepaskan tendangan kaki kiri dari dalam kotak penalti. Namun, sayangnya bola tersebut hanya melebar tipis di sisi kanan gawang Getafe.

Pada menit ke-79, Barcelona memiliki peluang lagi. Ansu Fati melakukan sentuhan pertamanya dalam pertandingan setelah masuk sebagai pemain pengganti.

Ia melepaskan tendangan setelah menerima umpan lambung dari sisi kanan lapangan. Sayangnya, tendangan tersebut melebar di atas mistar gawang.

Barcelona semakin mendominasi permainan namun kesulitan untuk mencetak gol. Wasit memberikan tambahan waktu sembilan menit.

Pada menit 90+10, terjadi drama di kotak penalti Getafe. Araujo dilanggar oleh pemain lawan, namun wasit tidak menganggap itu sebagai pelanggaran.

Pemain Barcelona protes dan wasit kemudian memeriksa VAR. Namun, wasit justru memutuskan bahwa Gavi melakukan handball.

Pada akhirnya, tidak ada gol yang tercipta. Skor akhir pertandingan adalah 0-0 antara Getafe dan Barcelona.

Susunan Pemain Getafe vs Barcelona

  • Getafe (4-4-2): David Soria; Damian Suarez, Domingos Duarte, Stefan Mitrovic, Gaston Alvarez; Juan Iglesias, Djene Dakonam, Nemanja Maksimovic, Carles Alena; Jaime Mata, Juan Latasa.
  • Pelatih: Jose Bordalas
  • Barcelona (4-3-1-2): Marc-Andre ter Stegen; Jules Kounde, Ronald Araujo, Andreas Christensen, Alejandro Balde; Oriol Romeu, Frenkie de Jong, Ilkay Gundogan; Pedri; Raphinha, Robert Lewandowski.
  • Pelatih: Xavi
TAG :
Baca Juga
LIPUTAN KHUSUS