Mengenal Komponen Dinamo Starter Mobil, Beserta dengan Cara Mendeteksi Kerusakan, Cara Mengatasi, dan Harganya

Mengenal Komponen Dinamo Starter Mobil (Foto: iStock/@PATTRAWUT)

PARBOABOA – Dinamo Starter adalah perangkat elektromekanis yang berperan penting dalam proses menghidupkan mesin kendaraan.

Saat Anda putar kunci, sinyal listrik akan mengalir ke dinamo starter, menyebabkan motor listriknya berputar.

Motor ini kemudian mentransfer tenaga mekanisnya ke gigi-gigi atau rantai yang kemudian akan berputar menggerakkan roda flywheel mesin.

Flywheel ini adalah bagian yang sangat penting karena berfungsi untuk memulai putaran mesin dengan mengompresi udara dan bahan bakar dalam ruang bakar. Ketika mesin mulai berputar, proses pembakaran dapat dimulai, dan mesin akan hidup.

Bagi pengemudi, tak jarang mengalami situasi yang membuat tidak nyaman seperti mobil yang tidak bereaksi ketika distarter. Situasi ini dapat terjadi karena dinamo yang tidak mampu menjalankan mesin dengan cukup kuat, sehingga mobil tidak menunjukkan respon apapun.

Jika dihadapkan dengan situasi seperti ini, Anda tentu perlu melakukan beberapa tindakan agar kendaraan dapat berfungsi seperti biasanya.

Namun, apa yang perlu dilakukan saat dinamo starter mobil tidak berfungsi dengan baik? Bagaimana cara mendeteksi kerusakannya? Komponen apa saja yang perlu Anda pahami dalam mesin kendaraan? Simak jawabannya berikut ini.

Mengenal Komponen Dinamo Starter Mobil

Komponen dinamo starter mobil (Foto: iStock/@yanik88)

Penting bagi pengguna mobil untuk memahami komponen-komponen dari dinamo starter.

Dilansir dari buku Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan SMK/MAK Kelas XII, oleh Saryanto, S.Pd.T., M.Pd., Gr., ada beberapa komponen pada dinamo starter, di antaranya:

  1. Field Coil (Kumparan Medan) : Komponen ini adalah rangkaian coil magnet yang meningkatkan kemagnetan di sekitar rotor coil. Ini penting untuk menciptakan medan magnet yang diperlukan di sekitar rotor.
  2. Armature Coil (Kumparan Jangkar): Juga dikenal sebagai rotor coil, komponen ini ditempatkan pada poros motor dan bertanggung jawab sebagai pembangkit medan magnet yang berinteraksi dengan field coil magnetic.
  3. Komutator (Commutators) : Komponen ini terletak di depan armature coil dan berfungsi sebagai penghubung arus listrik dari brush ke kumparan armature. Commutator ini membantu mencegah korsleting karena mengelola arus positif dan negatif.
  4. Solenoid Starter: Komponen ini berbentuk seperti tabung atau silinder pada motor utama dan dikenal sebagai solenoid starter. Fungsinya adalah untuk menggerakkan drive pinion dan memberikan tegangan pada motor utama. Terdapat dua coil pada solenoid, yaitu pull in coil yang menggerakkan plunger dan hold in coil yang menahan pergerakan pull in coil.
  5. Solenoid Plunger: Komponen ini terletak pada ujung pull in coil dan digunakan untuk menghubungkan gerakan pull in coil ke drive lever.
  6. Solenoid Caps: Tutup solenoid ini ditempatkan di depan starter dan berfungsi sebagai penghubung antara arus sistem dengan aktuator starter. Terdapat tiga terminal pada motor starter, termasuk terminal 50 untuk kunci kontak, terminal 30 yang menerima arus dari baterai, dan terminal C untuk mendistribusikan arus dari solenoid ke motor starter.
  7. Drive Lever: Komponen ini ada di solenoid dan berbentuk garpu yang digunakan untuk menggerakkan gear. Itu beroperasi dengan sistem tuas.
  8. Drive Pinion Brush: Komponen ini memutuskan atau menghubungkan putaran starter ke flywheel dan menggunakan mekanisme slide dengan model miring. Di sini juga terdapat overlap clutch di ujung drive pinion.
  9. Drive Pinion Gear: Komponen ini berbentuk seperti roda gigi dan terletak pada ujung drive pinion shaft. Fungsinya adalah menghubungkan putaran yang diperoleh dari motor listrik ke poros engkol melalui flywheel.
  10. Brushes: Komponen ini terdapat pada motor utama dan berfungsi sebagai penghubung arus listrik ke dinamis konduktor melalui konduktor statis. Brushes mengirimkan sinyal arus listrik dari terminal 50 ke armature coil.
  11. Motor Housing: Komponen ini berfungsi sebagai pelindung dan tempat untuk meletakkan berbagai jenis komponen starter. Housing biasanya terbuat dari bahan logam dan terdiri dari housing utama dalam bentuk tabung, yang melindungi roda gigi pinion dan housing cap.

Semua komponen ini bekerja bersama-sama untuk memastikan komponen ini berfungsi dengan baik dalam menghidupkan mesin mobil.

Bagaimana Cara Mendeteksi Kerusakan Dinamo Starter pada Mobil?

Komponen dinamo starter mobil (Foto: iStock/@yanik88)

Jika dinamo starter mobil mengalami kerusakan tentu akan menghambat mobilitas pengemudi.

Jika mobil tidak dapat dihidupkan maka dapat memicu kerusakan pada berbagai komponen mobil lainnya. Bahkan bisa membuat mobil mati mendadak di tengah jalan yang tentunya pengalaman yang membuat frustasi ini tidak diinginkan terjadi oleh tiap pengemudi.

Namun, kerusakan komponen dinamo ini mobil mudah untuk dideteksi. Dilansir dari buku Kiat Membeli Sepeda Motor Bekas (2005), oleh Mas Bagong Mulyono, ada berbagai ciri yang dapat menjadi indikasinya :

1. Suara Desis dan Bergerak

Adanya bunyi berderak biasanya disebabkan oleh adanya sambungan antara gigi pada pinion gear dengan gigi pada ring gear mesin. Apabila ditemukan 2 gigi pada komponen dinamo yang rusak atau aus maka akan menimbulkan bunyi berderak.

Jika suaranya semakin keras, itu tandanya kerusakan telah terjadi. Faktor lain yang sering terjadi adalah terjadinya suara mendesis yang sangat keras saat mobil dihidupkan. Biasanya bunyi mendesis akan terjadi ketika one way bearing pada pinion gear mengalami kerusakan.

Hal ini tentunya akan berdampak pada armature poros yang pada kondisi normal seharusnya memberikan putaran pada pinion gear. Sebaliknya perputarannya terjadi dengan sendirinya atau sering disebut dengan starter loss. Kondisi ini akan membuat suara menjadi sangat nyaring, namun tidak ada tanda-tanda mesin juga akan berputar.

2. Mesin Sulit Dihidupkan dalam Kondisi Panas

Ciri lain dari dinamo starter mobil rusak adalah membuat mesin sangat sulit dihidupkan ketika mobil sudah lama digunakan atau masih panas.

Jika mobil diparkir lama atau mesin dalam keadaan dingin, maka mesin akan lebih mudah dihidupkan dan mesin tidak akan menunjukkan gejala apa pun. Dengan begitu mobil bisa digunakan dengan lancar dan aman.

Jika Anda kesulitan menstarter mobil saat mesin mobil dalam keadaan panas, hal ini terjadi karena hambatan kumparan yang meningkat.

Ketika panas mesin mengenai badan solenoid, maka nilai hambatan di dalam kumparan akan meningkat. Hal ini akan berdampak pada arus listrik yang tertahan dan tidak dapat mengalir sempurna ke kumparan. Ketika aliran listrik terhambat, otomatis mesin akan semakin sulit dihidupkan.

3. Mobil Tidak Bereaksi saat Distarter

Dinamo starter adalah komponen yang menjalankan operasi mobil. Apabila tidak terjadi reaksi pada komponen dinamo ini, maka hal tersebut dapat menjadi tanda bahwa komponen dinamo ini telah mengalami kerusakan. Kemungkinan besar penyebab kerusakan adalah putusnya sekring pada dinamo.

Sekring yang putus biasanya menandakan saluran listrik mengalami korsleting atau terbakar. Kondisi ini biasanya akan memicu munculnya sikat karbon dan kumparan tembaga yang biasanya akan menimbulkan kebakaran.

4. Baterai Habis atau Basah

Ciri-ciri dinamo starter rusak juga bisa dilihat dari aki yang mulai melemah atau basah. Ketika aki mobil mulai melemah, sistem starter mobil akan melambat dan tidak memicu sistem perapian. 

Kondisi seperti ini sangat mudah dikenali karena saat menghidupkan mobil akan terdengar suara starter yang tidak normal atau terputus-putus. Hal ini menunjukkan bahwa tegangannya tidak mencukupi atau bahkan sangat rendah.

Silakan periksa aki mobil, karena bisa jadi sambungan aki kotor atau korsleting. Jika dirasa sudah habis, sebaiknya segera ganti dengan yang baru.

Cara Mengatasi Dinamo Starter Mobil yang Rusak

Cara mengatasi dinamo starter mobil yang rusak (Foto: iStock/wittaya doktanyong)

Masalah yang timbul pada komponen dinamo ini mobil seringkali dapat mengakibatkan kendaraan mogok atau mati sepenuhnya. Anda memiliki opsi untuk mengatasi masalah ini dengan membawa mobil ke bengkel terdekat dan memperbaikinya melalui bantuan teknisi yang berpengalaman.

Selain itu, Anda juga memiliki kemampuan untuk melakukan perbaikan komponen dinamo ini sendiri di rumah. Hal ini tidak terlalu rumit, dan ada berbagai metode yang bisa digunakan. 

Dilansir dari buku buku Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan SMK/MAK Kelas XII, oleh Saryanto, S.Pd.T., M.Pd., Gr., ada beberapa metode yang dapat diterapkan 

1. Memeriksa Bagian Soket Otomatis:

  • Pastikan untuk memeriksa soket yang terhubung dengan komponen dinamo ini.
  • Periksa apakah kabel kecil yang terhubung dengan komponen dinamo ini ada yang terputus atau terlepas.
  • Periksa juga sekring pada relai dan pastikan relay berfungsi dengan baik.

2. Periksa Klem Kabel Baterai:

  • Jika Anda mendengar suara gelitik yang keras saat menyalakan mobil, itu bisa menandakan aki mobil yang lemah.
  • Periksa klem kabel aki pada terminal positif dan negatif.
  • Perhatikan baut-baut yang mungkin kurang kuat atau kendor.
  • Jika masalah aki tidak teratasi, sebaiknya bawa mobil ke bengkel.

3. Periksa Kabel Aki:

  • Jika semua kontrol pada mobil mati saat Anda mencoba menyalakannya, kemungkinan ada masalah pada kabel aki.
  • Periksa kualitas setrum mobil dan perbaiki kabel aki yang mungkin kendor atau rusak.
  • Jika masalah terus berlanjut, segera bawa mobil ke bengkel untuk perbaikan lebih lanjut.

4. Pengecekan Berkala:

  • Selalu lakukan pengecekan kabel aki secara berkala untuk memastikan semua komponen listrik mobil berfungsi dengan baik.
  • Perhatikan kualitas kabel-kabel pada mobil dan pastikan mereka dalam kondisi yang baik.

5. Segera Bawa ke Bengkel:

  • Jika masalah pada komponen dinamo ini terlalu rumit atau sulit diperbaiki, segera bawa mobil ke bengkel resmi atau bengkel yang memiliki teknisi ahli.
  • Jangan biarkan masalah berlanjut terlalu lama karena dapat memengaruhi komponen mobil lainnya.

Memperbaiki komponen dinamo ini mobil sangat penting untuk menjaga mobilitas kendaraan Anda. Pastikan untuk memeriksa dan merawat komponen dinamo ini secara teratur agar mobil Anda tetap berfungsi dengan baik.

Harga Dinamo Starter Mobil

Harga dinamo starter mobil (Foto: iStock/Mykola Pokhodzhay)

Harga dinamo starter mobil dapat bervariasi secara signifikan tergantung pada beberapa faktor, termasuk merek dan model kendaraan Anda, jenis dinamo starter yang Anda pilih (baru atau bekas), serta kebijakan harga di daerah Anda.

jenis mobil mungkin memiliki harga komponen dinamo yang berbeda. Berikut ini perkiraan harga sesuai dengan jenis mobil.

Seperti contoh, dilansir dari Lifepal,  untuk harga dinamo starter mobil Avanza, berada pada range harga Rp 1 juta – Rp 3 juta

Pada dinamo starter mobil Inova, pasaran harganya adalah Rp 925 ribu hingga Rp 2,2 Juta. Dan harga dinamo mobil lainnya dimulai dari range harga Rp 472,5 ribu hingga Rp 8 Juta.

Untuk mendapatkan perkiraan harga yang lebih akurat untuk dinamo starter mobil Anda, sebaiknya hubungi bengkel terdekat atau periksa harga di toko suku cadang otomotif yang terpercaya.

Pastikan juga untuk memilih yang sesuai dengan merek dan model kendaraan Anda serta memeriksa garansi jika Anda membeli komponen baru.

Editor: Sari
TAG :
Baca Juga
LIPUTAN KHUSUS