PARBOABOA - Sudah menjadi fakta umum bahwa penelitian ilmiah yang baik selalu mengandung referensi yang valid. Harus sesuai dengan aturan tertentu dan tidak boleh sembarangan.
Apa itu Mendeley
Mendeley adalah perangkat lunak yang digunakan untuk manajemen referensi yang harus dipelajari mahasiswa. Ini karena ketika Anda menulis tugas akhir, Anda harus memikirkan tidak hanya isi penelitian Anda, tetapi juga bagaimana Anda menulisnya.
Perangkat lunak Mendeley yang dikembangkan oleh Elsevier, telah muncul untuk membantu mahasiswa dan peneliti mengatur referensi mereka dengan cepat dan mudah. Lalu bagaimana cara menggunakan mendeley?
Download dan Install Mendeley
1. Pertama anda harus mengunduh aplikasi Mendeley dari situs resminya, yaitu mendeley.com
2. Jalankan proses instalasi software jika sudah selesai terunduh. Anda bisa melakukannya dengan klik Next.
3. Proses instalasi berhasil jika akan muncul kotak notifikasi dan centang "Run Mendeley Desktop"
Cara Menghubungkan Mendeley ke Ms. Word
Kita dapat dengan mudah menggunakan Mendeley tanpa harus membuka aplikasinya tetapi melalui Ms. Word. Berikut cara menggunakan mendeley di Ms. Word:
1. Buka aplikasi Mendeley Desktop dan pastikan anda sedang membuka lembar kerja Ms. Word
2. Pada tampilan utama Mendeley, pilih menu "Tools" lalu pada jendela yang terbuka, anda pilih "Install Ms Word Plugin".
3. Plugin Mendeley akan terpasang di Ms. Word anda secara otomatis. Anda dapat memastikannya dengan klik pada bagian menu "References".
Cara Memasukkan Data Referensi
Langkah selanjutnya adalah memasukkan semua data yang akan dijadikan referensi dalam penelitian. Oleh karena itu, Anda memerlukan file jurnal atau artikel untuk digunakan sebagai sumber referensi.
Untuk memasukkan data ini, ikuti langkah-langkah berikut :
1. Buka aplikasi mendeley di desktop anda
2. Pilih opsi "Add" pada Mendeley yang berada di pojok kiri atas
3. Pilih file yang akan di input ke Mendeley. Anda juga dapat memilih dan drag banyak file secara bersamaan. Referensi ini akan masuk ke mendeley secara otomatis.
Jika anda klik salah satu file apa pun, akan menampilkan informasi tentang jurnal di sebelah kanan, dimulai dengan judul, penulis, nama jurnal, tahun publikasi, dll.
Cara Membuat Daftar Pustaka Dengan Mendeley
Membuat daftar pustaka dengan Mendeley sangat mudah dan tidak memakan banyak waktu. Ada dua cara untuk melakukan ini. Satu secara manual menggunakan perangkat lunak Mendeley, dan yang lainnya menggunakan plugin Mendeley untuk Ms. Words.
Membuat Daftar Pustaka dari Software Mendeley
1. Klik kanan pada jurnal yang ingin dimasukkan ke dalam daftar pustaka
2. Setelah itu anda pilih opsi “Copy As”, lalu pada jendela yang terbuka anda mengklik opsi “Formatted Citation”.
3. Selanjutnya buka lembar kerja anda di Ms. Word dan masuk ke halaman daftar pustaka anda. Lalu klik kanan lalu pilih “paste” atau “Ctrl + V’ untuk menempel hasil dari aplikasi mendeley tadi.
Membuat Daftar Pustaka Melalui Plugin Mendeley di Microsoft Word
1. Arahkan kursor ke tempat yang ingin anda tuliskan daftar pustaka
2. Klik menu "References" pada tab bar di sebelah atas Ms. Word
3. Klik opsi "Insert Bibliography"
4. Daftar Pustaka akan terbuat secara otomatis sesuai dengan format penulisan yang sudah dipilih
Perlu diperhatikan bahwa hanya artikel yang direferensi yang disertakan dalam daftar pustaka, tidak semua artikel yang ada di Mendeley.