PARBOABOA - Menigkatkan engagement rate Instagram sangatlah penting dalam bisnis pada saat ini. Engagement rate yang tinggi dapat membantu bisnis dalam meningkatkan brand awareness, menarik lebih banyak pelanggan potensial yang pada akhirnya dapat meningkatkan penjualan dan ROI.
Oleh sebab itu, di artikel kali ini Parboaboa akan membahas mengenai cara meningkatkan engagement rate di Instagram dengan mudah dan lengkap.
Jika akun Instagram Anda memiliki engagement rate yang tinggi, itu tandanya audiens Instagram Anda tertarik dengan konten dan produk yang Anda tawarkan.
Dengan engagement rate yang tinggi, audiens lebih cenderung untuk melakukan tindakan seperti membeli produk atau mengunjungi website Anda.
Selain itu, saat ini Instagram menggunakan algoritma yang menempatkan hasil pencarian teratas pada postingan yang memiliki engagement rate yang lebih tinggi. Oleh karena itu, meningkatkan engagement rate dapat sangat membantu Anda dalam meningkatkan visibilitas dan jangkauan postingan Instagram.
Ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk menghitung engagement rate Instagram. Setiap cara bisa membantu Anda mendapatkan wawasan mengenai kinerja akun Instagram, sekaligus untuk menemukan strategi social media marketing apa yang harus dilakukan untuk mengembangkannya.
Cara menghitung engagement rate postingan Instagram
Berikut langkah-langkah menghitung engagement rate Instagram:
- Pastikan akun Instagram Anda merupakan akun bisnis
- Selanjutnya pilih salah satu postingan
- Lihat jumlah komentar dan like yang tertera pada postingan
- Kemudian menggunakan rumus engagement rate = (likes + comments) / followers X 100
- Contoh saja Anda memiliki satu postingan dengan jumlah likes = 2.243 dan ada 100 komentar. Serta jumlah followers 19.000. (2.243 + 100) / 19.000 = 2.343 / 19.000 = 0.1233 x 100 = 12.33 persen engagement rate postingan Instagram.
Keuntungan mengetahui engagement rate Instagram
Beberapa keuntungan yang bisa didapatkan ketika mengetahui engagement rate postingan Instagram adalah:
1. Mengetahui minat audiens
Dengan menghitung engagement rate postingan, Anda bisa mengetahui lebih spesifik minat audiens dari pengikut dari akun Anda.
Pengguna juga dapat mengetahui postingan atau konten mana yang lebih disukai dan memiliki jangkauan lebih banyak.
2. Relevansi
Tingkat keterlibatan yang tinggi bisa menjadi salah satu indikator postingan Anda relevan dengan target audiens yang dituju.
Sehingga hal ini dapat menjadi acuan Anda meningkatkan performa postingan Instagram menjadi lebih baik.
3. Mengaudit konten lebih baik
Dengan mengetahui engagement rate postingan, pengguna lebih mudah melakukan evaluasi konten dan mengaudit postingan. Hal ini menjadi acuan agar postingan berkembang menjadi lebih baik.
Demikianlah cara menghitung engagement rate pada Instagram yang bisa Anda coba. Semoga bermanfaat!