PARBOABOA - Instagram akan merilis fitur terbaru yang ditunggu-tunggu konten kreator. Fitur Schedule Post ini memungkinkan pengguna untuk menjadwalkan unggahan hingga 75 hari ke depan tanpa harus menggunakan aplikasi pihak ketiga.
Sebelumnya, Instagram telah melakukan uji coba fitur Scheduled Post ke beberapa akun terpilih secara acak, dan kabarnya mendapatkan respon yang baik dari pengguna.
Fitur Scheduled Post memberikan keleluasaan kepada para kreator dan akun bisnis dalam melakukan penjadwalan posting untuk gambar, carousel, hingga Reels. Melalui fitur ini, pengguna Instagram dapat menjadwalkan publish post hingga 75 hari lebih awal.
Pengaturan Schedule Post bisa ditemukan sebelum kreator meng-upload konten.
Berikut langkah-langkah menjadwalkan postingan dengan fitur Schedule post:
- Pilih konten yang ingin diunggah seperti biasa
- Tambahkan caption, hashtag, lokasi, dan informasi tambahan lain yang diperlukan
- Sebelum klik "Share", pengguna harus klik menu "Advanced settings" di paling bawah layar
- Klik toggle "Schedule this post"
- Pengguna tinggal memilih waktu yang diinginkan untuk kontennya di-upload
- Bila sudah, klik "Set time"
- Terakhir, klik "Schedule"
Dengan begitu, konten sudah dijadwalkan untuk diunggah di waktu yang sudah dipilih sebelumnya. Pengguna juga bisa mengelola konten yang terjadwal dengan mengakses "Profile" > menu "more".
Pengguna dengan akun pribadi/umum yang ingin mencoba fitur ini, dapat melakukannnya dengan mengubah jenis akun pada pengaturan, dan memilih akun profesional.
Pengaturan ini dapat dikembalikan ke awal (akun pribadi) bila niatnya hanya untuk mencoba saja.
Untuk saat ini, fitur Scheduled Post baru tersedia untuk akun profesional/bisnis, dan belum ada informasi yang menyebutkan kapan fitur ini juga akan diberikan kepada pengguna Instagram dengan jenis akun pribadi.