Pengguna TikTok di Indonesia Tembus 113 Juta, Terbesar Kedua di Dunia

Ilustrasi TikTok, foto: eraspace.com

PARBOABOA - Aplikasi berbagi video pendek TikTok masih menjadi salah satu aplikasi jejaring sosial terpopuler di dunia pada 2023 termasuk di Indonesia. Firma riset Statista melaporkan jumlah pengguna TikTok di Indonesia sebanyak 113 juta per April 2023.

Indonesia pun dinobatkan sebagai negara dengan pengguna TikTok terbesar di dunia pada periode tersebut. Hal itu dilaporkan dalam laporan bertajuk "Countries with the largest TikTok audience as of April 2023".

Menurut laporan firma riset Statista, jumlah pengguna TikTok di Indonesia tercatat sebanyak 113 juta per April 2023.

Dengan jumlah pengguna 113 juta, Indonesia dinobatkan sebagai negara dengan pengguna TikTok terbesar di dunia pada periode tersebut.

Hal itu dilaporkan dalam laporan bertajuk "Countries with the largest TikTok audience as of April 2023" (Negara dengan penonton TikTok terbanyak per April 2023).

Jumlah pengguna TikTok di Indonesia itu belum melebihi Amerika Serikat (AS) yang sebesar 117 juta.

Dengan jumlah itu, Amerika Serikat menjadi negara pertama dengan penonton TikTok paling banyak di dunia per April 2023.

Setelah AS dan Indonesia, Brazil berada diurutan ketiga sebagai negara terbanyak dengan pengguna hampir 85 juta orang.

Selengkapnya, berikut daftar 10 negara dengan penonton TikTok paling banyak di dunia per April 2023, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Statista, Senin (10/7/2023):

  1. Amerika Serikat - 117 juta pengguna
  2. Indonesia - 113 juta pengguna
  3. Brazil - 85 juta pengguna
  4. Meksiko - 62,4 juta pengguna
  5. Rusia - 51,2 juta pengguna
  6. Vietnam - 50,6 juta pengguna
  7. Filipina 41,4 juta pengguna
  8. Thailand - 41,1 juta pengguna
  9. Turki - 31,1 juta pengguna
  10. Arab Saudi - 28,4 juta pengguna

Sementara itu, menurut Data Reportal, negara dengan jumlah pengguna TikTok paling sedikit adalah Inggris sebesar 20,3 juta, Malaysia sebanyak 20,07 juta, dan Peru sebanyak 18,05 juta pengguna.

Selain itu, Indonesia juga disebut negara dengan kontribusi besar terhadap bisnis di TikTok, terutama ecommerce di TikTok Shop. TikTok dilaporkan menargetkan penjualan hingga USD20 miliar atau sekitar Rp300 triliun dari TikTok Shop.

Editor: Wanovy
TAG :
Baca Juga
LIPUTAN KHUSUS