PARBOABOA - TikTok diam-diam merilis widget Search atau penelusuran di Android dan iPhone. Apakah ini salah satu strategi TikTok untuk melawan Google yang menguasai pasar mesin pencari? Widget baru ini merupakan jalan pintas bagi fungsi Search yang ada di aplikasi TikTok.
Bentuk widget-nya sedikit lebih besar jika dibandingkan dengan widget Google Search karena selain ada bilah pencarian ada juga tombol untuk membuka ‘Following’, ‘Post’, dan ‘Inbox’.
Tapi pengguna tidak bisa langsung mencari kata kunci yang ingin ditelusuri dari bilah pencarian di widget TikTok.
Jika pengguna mengetuk kolom pencarian di widget, pengguna akan diarahkan ke aplikasi TikTok terlebih dahulu, baru memasukkan kata kunci di kolom pencarian yang tersedia.
Dilansir dari Mashable, Selasa (16/5/2023), salah seorang Gen Z mengatakan bahwa ia menggunakan TikTok untuk menemukan resep, rekomendasi perjalanan, dan olahraga.
TikTok telah mengisyaratkan keinginannya untuk diakui sebagai mesin pencari, lewat iklan yang ditayangkan di Inggris awal tahun ini. Iklan tersebut menampilkan slogan, ‘Cari dengan TikTok’.
Dan sekarang dengan peluncurannya yang dilakukan secara diam-diam, TikTok bersaing dengan widget pencarian Google.
Perubahan ekspektasi pengguna ini telah mendorong poros TikTok untuk menjadi tujuan pencarian, memenuhi preferensi generasi baru pengguna internet.
Wakil Presiden Senior Google, Prabhakar Raghavan, menyoroti pergeseran perilaku pengguna internet baru, yang cenderung tidak beralih ke mesin telusur tradisional seperti Google saat mencari informasi.
Badan pengatur Ofcom menyebut pengaruh TikTok melampaui hiburan, karena muncul sebagai sumber berita yang berkembang di kalangan orang dewasa Inggris. Temuan ini menimbulkan kekhawatiran di kalangan anggota parlemen.
Terrutama, mengingat tuduhan baru-baru ini bahwa TikTok telah dieksploitasi sebagai saluran propaganda oleh Partai Komunis China.
Seperti diberitakan sebelumnya, aplikasi tersebut menghadapi larangan di negara bagian Montana karena tuduhan yang sama.
Dengan perannya yang semakin luas dalam konsumsi berita, dampak TikTok pada opini publik dan penyebaran informasi memerlukan perhatian yang cermat.