Cara Membuat Daftar Pustaka dari Jurnal, Buku, Word, Mendeley, Website, dan Youtube Beserta dengan Gaya Penulisannya

Ilustrasi seorang wanita yang sedang membuat laporan penelitiannya (Foto: Parboaboa/Ratni)

PARBOABOA- Daftar pustaka merupakan komponen yang tak terpisahkan dalam sebuah karya ilmiah, sekaligus menjadi bukti kredibilitas dari tulisan tersebut.

Dikutip dari buku Metode Penulisan dan Penyajian Karya Ilmiah oleh Haryanto A.G, dkk  (2000), daftar pustaka adalah segala sumber bahan karangan yang telah digunakan dalam karangan ilmiah.

Sumber referensi yang digunakan harus memiliki mutu yang baik dan sesuai dengan masalah yang dihadapi.

Peran daftar pustaka dalam sebuah karya tulis ilmiah selain untuk mendukung argumen juga bisa menjadi bukti bahwa tulisan yang dikutip bukanlah sebuah plagiasi, melainkan sumber referensi yang valid serta tidak melanggar hak cipta karya tulis orang lain.

Oleh karena itu, penulisan daftar pustaka yang benar menjadi elemen penting dalam setiap karya ilmiah, termasuk tugas akademik, penelitian, atau publikasi.

Di era digitalisasi saat ini, sumber-sumber referensi dapat berasal dari berbagai media, mulai dari buku, jurnal, media online, hingga video di platform seperti YouTube.

Untuk mengetahui bagaimana cara membuat daftar pustaka yang benar, simak informasi berikut ini.

Gaya Penulisan Daftar Pustaka

cara membuat daftar pustaka otomatis

Ilustrasi dalam sebuah ruangan kerja terdapat berbagai buku referensi dan laptop  (Foto: Parboaboa/Ratni)

Dikutip dari buku Strategi Dan Teknik Penulisan Karya Tulis Ilmiah dan Publikasi (2019) karya Ameilia Zuliyanti Siregar dan Nurliana Harahap, terdapat berbagai format daftar pustaka atau biasa dikenal dengan istilah gaya sitasi (citation style) yang banyak digunakan dalam penulisan akademik.

Dari berbagai format yang ada, terdapat tiga jenis sitasi yang paling utama digunakan, yaitu sebagai berikut:

1. Modern Language Association (MLA), biasanya digunakan pada bidang ilmu bahasa, humaniora, filosofi, seni, dan linguistik.

2. American Psychological Association (APA), biasanya digunakan pada bidang ilmu sosial sains, pendidikan, dan teknik.

3. Chicago Manual Style (CMS), biasanya digunakan pada bidang ilmu sejarah, humaniora, dan lain-lain.

Cara Membuat Daftar Pustaka dari Jurnal

cara membuat daftar pustaka

Ilustrasi sekelompok mahasiswa sedang membuat skripsi di sebuah perustakaan (Foto: Parboaboa/Ratni)

Berikut adalah cara membuat daftar pustaka dari jurnal dengan gaya APA, ikuti format berikut ini:

Nama belakang, inisial nama depan, dan inisial nama tengah (jika ada). (Tahun Terbit). Judul artikel. Nama jurnal, Volume jurnal(Issue atau Nomor), Halaman.

Contoh Daftar Pustaka dari Jurnal dengan Satu Pengarang:

Siregar, A. (2012). Pengaruh Perubahan Iklim Terhadap Ekosistem Hutan. Jurnal Penelitian Lingkungan, 12(3), 123-135.

Contoh Daftar Pustaka dari Jurnal dengan Lebih dari Satu Pengarang:

Diniati, A., Suryana, A., & Bajari, A. (2022). Pengalaman Buruh Anak tentang Perilaku Komunikasinya. Jurnal Komunikasi, 14(2), 322-345.

Pastikan untuk mencantumkan semua informasi yang relevan dan mematuhi aturan penulisan yang berlaku agar daftar pustaka kamu dapat diakui dengan baik dalam karya tulis yang kamu buat.

Cara Membuat Daftar Pustaka dari Buku

Berikut adalah cara membuat daftar pustaka dari buku dengan gaya APA, ikuti format berikut ini:

Nama belakang, inisial nama depan, dan inisial nama tengah (jika ada). (Tahun). Judul buku. Kota: Penerbit buku.

Contoh untuk membuat daftar pustaka dari buku:

Suharto, M. (2005). Perekonomian Indonesia. Jakarta: Pustaka Jaya.

Putra, D. K. S. (2019). Political Social Responsibility: Dinamika Komunikasi Politik Dialogis. Jakarta: Prenadamedia.

Cara Membuat Daftar Pustaka dari Internet

Cara membuat daftar pustaka dari situs internet yang berupa media seperti podcast adalah dengan menyebutkan nama narasumber dan individu yang terlibat.

Kemudian, cantumkan tahun penerbitan podcast tersebut (tahun, bulan, tanggal). Setelah itu, sertakan judul episode podcast tersebut.

Selanjutnya, dalam tanda kurung, sebutkan tipe media (podcast). Lanjutkan dengan menyebutkan nama media (nama podcast).

Berikan informasi tentang tanggal akses Anda, dan lengkapi dengan alamat situs.

Contoh: Habib Jafaar & Onadio Leonardo. 2007, 1 November. Toleransi Umat Beragama di Indonesia. (Podcast Radio). Radio A Indonesia. Diakses pada 28 Maret 2009 dari www.ABC.com.

Cara Membuat Daftar Pustaka dari Website

Berikut adalah cara membuat daftar pustaka dari website media online dengan gaya APA, ikuti format berikut ini:

Penulis atau nama domain halaman website. (Tahun, Tanggal Terbit Artikel). Judul artikel. Tanggal Diakses, Tautan website.

Contoh Daftar Pustaka dari Website Media Online:

Richtel, M. (2023, 25 Oktober). Is Social Media Addictive? Here’s What the Science Says. Diakses pada 31 Oktober 2023, dari https://www.nytimes.com/2023/10/25/health/social-media-addiction.html

Pastikan untuk mencantumkan semua informasi yang relevan, memeriksa kembali URL untuk memastikan keakuratannya, dan mematuhi aturan penulisan yang berlaku agar daftar pustaka yang kamu buat sudah sesuai panduan.

Cara Membuat Daftar Pustaka dari Youtube

Cara menulis daftar pustaka dari Youtube dimulai dengan nama channel Youtube, kemudian diikuti dengan judul video Youtube tersebut.

Setelah itu, beri tanda koma (,) diikuti dengan durasi video Youtube.

Lalu tambahkan tanggal video Youtube diunggah, dan lengkapi dengan link situs Youtube tersebut.

Contoh: Deddy Corbuzier. Close The Door. Youtube Video, 12:20. 14 Januari 2023. dari www.youtube.com

Cara Membuat Daftar Pustaka dengan Mendeley

Mendeley merupakan perangkat lunak yang memudahkan peneliti dan penulis dalam mengelola dan merujuk sumber literatur.

Sebelum memulai cara membuat daftar pustaka menggunakan Mendeley, pastikan Anda telah memasang aplikasi Mendeley. Jika belum, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Instal aplikasi seperti biasa.
  • Buka aplikasi Mendeley.
  • Buat akun terlebih dahulu dengan mendaftarkan alamat email. Proses pendaftaran ini memerlukan koneksi internet.
  • Klik "register" untuk mendaftar, Anda akan diarahkan ke situs resmi pengelola aplikasi: id.elsevier.com. Isi data yang diminta.
  • Setelah selesai mendaftar, buka kembali aplikasi Mendeley dan masuk menggunakan akun yang telah didaftarkan.

Untuk menghubungkan aplikasi Mendeley ke Microsoft Word, klik menu "Tools" di dalam aplikasi Mendeley, lalu pilih "Install Ms Word Plugin".

Sebelum melakukan langkah ini, pastikan semua file Microsoft Word yang sedang terbuka sudah ditutup agar proses instalasi plugin berjalan lancar.

Jika proses instalasi berhasil, maka pada tampilan Microsoft Word, pada menu bar "Reference" akan muncul logo Mendeley.

Untuk menambahkan file sumber referensi ke dalam Mendeley, pastikan Anda sudah memiliki file PDF yang akan digunakan sebagai referensi. Ikuti langkah-langkah berikut:

  • Untuk memasukkan PDF sumber referensi ke Mendeley, pilih "Add" di dalam aplikasi Mendeley. Anda dapat menambahkannya satu per satu atau secara grup. Pilih file atau grup file yang akan dijadikan referensi.
  • Setelah selesai menambahkan, pastikan informasi tentang tipe referensi, nama penulis, judul buku/artikel, tahun terbit, dan sebagainya sesuai dengan yang terdapat dalam isi artikel dan yang terbaca di Mendeley (bagian sebelah kanan yang ditandai). Hal ini penting untuk menghindari kesalahan dalam penulisan kutipan.
  • Selanjutnya, pilih gaya penulisan daftar pustaka yang Anda perlukan dengan mengklik "View" > "Citation Style" > pilih gaya penulisan yang diinginkan. Sebagai contoh, di sini kami menggunakan gaya penulisan "Harvard References Format".

Cara Membuat Daftar Pustaka di Word

Berikut adalah cara membuat daftar pustaka otomatis di Word untuk skripsi, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka file Microsoft Word Anda.
  2. Pada halaman utama, klik tab "References", lalu pilih opsi "Manage Sources".
  3. Saat diklik, akan muncul halaman "Source Manager".
  4. Klik "New", dan akan muncul jendela pop-up "Create Source".
  5. Sebelum menulis daftar pustaka, ubah pengaturan bahasa di kolom "Language" menjadi "Indonesian".
  6. Selanjutnya, Anda dapat memilih beberapa opsi pada menu "Type of Source" untuk memilih jenis rujukan yang ingin Anda buat.
  7. Isi detail referensi, mulai dari nama penulis buku, judul, tahun terbit, dan lain-lain.
  8. Setelah mengisi semua detail, klik "OK".
  9. Untuk menampilkan seluruh daftar pustaka, pilih opsi "Bibliography" yang ada di tab "References", kemudian klik "Insert Bibliography".

Demikianlah informasi mengenai bagaimana cara membuat daftar pustaka makalah, skripsi, artikel ilmiah, dan penelitian lainnya. Semoga bermanfaat.

Editor: Ratni Dewi Sawitri
TAG :
Baca Juga
LIPUTAN KHUSUS