PARBOABOA - Saat melamar pekerjaan, biasanya pihak perusahaan akan meminta surat rekomendasi dari perusahaan sebelumnya.
Surat rekomendasi kerja adalah sebuah surat yang dikeluarkan secara resmi oleh perusahaan atau instansi yang isinya menerangkan bahwa pihak pemohon pantas untuk mendapatkan pekerjaan di tempat yang baru atau yang akan dituju.
Meski tak semua perusahaan meminta surat rekomendasi tersebut, namun tak ada salahnya jika kamu mempersiapkannya sebagai langkah antisipatif.
Apabila kamu diminta menyiapkan surat rekomendasi kerja, pastikan bahwa kamu tahu cara buat surat rekomendasi kerja. Berikut adalah deretan hal yang perlu kamu perhatikan saat menyiapkan surat rekomendasi kerja.
Cara meminta surat rekomendasi kerja
1. Pilih orang yang tepat
Seperti yang kita ketahui, surat rekomendasi ini berasal dari orang lain. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk memilih orang yang tepat sebagai pihak yang memberikan rekomendasi. Salah satu faktor yang dapat dipertimbangkan dalam memilih orang tersebut adalah seseorang yang memiliki hubungan kerja positif denganmu, yang dapat dengan serius mendiskusikan keterampilan dan kemampuanmu. Seperti manager, mentor, hingga senior di tempat kerja.
2. Siapkan resume atau portofolio
Salah satu cara terbaik untuk mendapatkan rekomendasi yang kuat adalah dengan memudahkan orang yang menulis untuk menyoroti pencapaian dan kemampuanmu. Adapun caranya dengan memberikan resume atau portofolio kepada orang yang akan menulis surat rekomendasimu.
3. Tanyakan kesediaan orang tersebut
Setelah menentukan orang yang dirasa tepat sebagai pemberi rekomendasi, hal selanjutnya adalah menanyakan ketersediaan mereka. Tak menutup kemungkinan, bahwa orang yang kamu harapkan malah menolak permintaanmu. Sehingga perlu bagi kamu untuk menanyakan dahulu sebelum benar-benar mengajukan permintaan surat rekomendasi pekerjaan.
4. Kirim surat resmi permintaan rekomendasi
Langkah selanjutnya adalah mengirimkan surat atau email permintaan rekomendasi secara resmi kepada orang yang kamu pilih. Dengan demikian, kamu menunjukkan rasa hormat dan dapat sebagai pengingat kepada mereka bahwa kamu sangat membutuhkan surat rekomendasi tersebut.
Selain itu, kamu juga dapat mencantumkan beberapa poin yang bisa memandu orang tersebut ketika menulis surat rekomendasimu seperti, alasan spesifik rekomendasi, pencapaian, dan kemampuan (soft skill dan hard skill).
5. Ucapkan terima kasih
Hal yang paling penting adalah etika. Setelah surat rekomendasi kamu selesai, jangan lupa mengucapkan terima kasih kepada orang yang telah membantu kamu. Sampaikan juga penghargaanmu atas dukungan mereka melalui surat terima kasih yang bisa dikirimkan melalui email.
Contoh Surat Rekomendasi Kerja
Pada dasarnya surat rekomendasi kerja memiliki banyak jenis dan tergantung pada kebutuhan serta bentuk industri kerjanya. Untuk itu, berikut beberapa contoh surat rekomendasi perkerjaan.
Sebelum ke contoh surat rekomendasi kerja, ada beberapa poin penting yang harus ada di dalam sebuah surat rekomendasi kerja seperti:
-Nama penerima
-Informasi pemberi dan penerima rekomendasi
-Pendahuluan dan pernyataan rekomendasi
-Daftar alasan spesifik dan kualitas kemampuan yang kamu miliki (soft-skill dan hard-skill)
-Prestasi dan bukti pencapaian
-Pernyataan penutup dengan informasi kontak pemberi rekomendasi
-Tanda tangan
Surat Rekomendasi Kerja
Bandung, 6 Juli 2022
Yth.
HRD PT Sukma Bintang Abadi
Jalan Raya Luar 12, Bandung
Saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama : Claudya Benaya
Jabatan : Public Relation Manager
NIK : 01010000034342
Bertindak mewakili PT Jaya Relasi Selalu untuk memberikan rekomendasi kerja kepada mantan karyawan kami:
Nama : Tika Adinda
Alamat : Jalan Kusuma No. 12, Bandung
Pada saat bekerja di PT Jaya Relasi Selalu, saudari Tika Adinda selalu menunjukkan kinerja yang baik dan dedikasi tinggi.
Sebagai seorang Public Relation, Tika tidak hanya memiliki kemampuan komunikasi yang luar biasa, tetapi juga kemampuan manajemen krisis yang baik. Sehingga dia mampu menangani berbagai permasalahan yang menyangkut publisitas perusahaan. Selain itu, dalam mengelola program kampanye perusahaan, Tika memiliki perasaan yang sangat baik untuk mengukur opini publik dan memproyeksikan reaksi publik terhadap kampanye tertentu.
Selama 3 tahun bekerja, Tika telah berhasil membantu tim dalam menjalankan berbagai program. Mulai dari membangun hubungan yang sangat baik antara perusahaan dengan publik, mengembangkan profil perusahaan, hingga membantu dalam melancarkan berbagai program kampanye.
Dengan pengalaman yang dimilikinya, saya yakin bahwa Tika dapat memberikan kinerja yang baik dan akan menjadi aset besar bagi perusahaan Anda. Jika tertarik, Anda dapat menghubungi saya melalui email claudyabenaya@email.com untuk membahas lebih lanjut tentang keterampilan dan pengalaman Tika.
Demikian surat rekomendasi kerja ini diterbitkan semoga dapat digunakan semestinya.
Hormat saya,
Claudya Benaya
Public Relation Manager
Itulah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat mempersiapkan surat rekomendasi kerja. Pastikan bahwa kamu mempersiapkan segala keperluan terkait pencarian kerja ini dengan maksimal, termasuk urusan surat rekomendasi kerja.