PARBOABOA - Kamu pasti pernah dengar copywriter, kan? Profesi ini memang sudah tidak asing lagi karena copywriter adalah seorang profesional yang mampu mempengaruhi keputusan target konsumen.
Baik bisnis yang bergerak di industri kreatif maupun tidak, perusahaan menyadari bahwa kehadiran copywriter terbilang cukup esensial untuk keberlangsungan marketing perusahaan. Jadi, peluangmu besar jika profesi ini memang yang kamu idamkan.
Namun, apakah kamu sudah paham mengenai apa itu copywriting? Jika belum, yuk simak penjelasan Parboaboa berikut ini!
Apa Itu Copywriting?
Menurut American Writers and Artist Institute, copywriting adalah proses menulis teks persuasif (yang kerap disebut copy) untuk mempromosikan dan menjual produk atau layanan. Orang yang bertugas untuk menulis dan mengembangkan copy adalah copywriter.
Dulunya, copywriting hanya digunakan dalam pembuatan promosi offline seperti koran, iklan televisi, baliho, hingga radio. Tapi kini, copywriting sudah menjadi salah satu strategis promosi online yang cukup ampuh.
Dengan kata lain, fungsi utama copywriting adalah memikat perhatian target audiens melalui tulisan yang menarik, sehingga target audiens tergoda untuk melakukan pembelian atau mencari tahu lebih jauh tentang produk yang dipromosikan.
Contoh Copywriting
Copywriting adalah metode promosi berupa tulisan yang bertujuan untuk mengajak calon konsumen melakukan pembelian atau menggunakan barang tersebut.
Konten tulisan tersebut bisa berupa teks persuasi, penjelasan produk, informasi berlangganan, ajakan untuk menghubungi sales penjualan, informasi promo, dan lainnya.
Sebelumnya, copywriting hanya diterapkan untuk membuat artikel seperti advertorial, sales letter, billboard, dan media pemasaran tulis lainnya.
Namun, perkembangan teknologi dan era digital membuat teknik copywriting dianggap sebagai suatu hal penting dalam marketing.
Selain dapat diterapkan dalam konten berbentuk tulisan, copywriting saat ini juga bisa diaplikasikan untuk membuat suatu naskah video atau podcast.
Di samping itu, copywriting juga dibutuhkan pada berbagai media pemasaran, seperti teks di landing page, artikel blog, promosi media sosial, iklan berbayar, dan sebagainya.
Nah, berikut contoh copywriting produk salah satu brand sepatu yang cukup menarikn.Jenis-jenis Copywriting
Jenis-jenis Copywriting
Terdapat beberapa jenis copywriting yang diterapkan untuk menawarkan produk kepada calon pembeli, di antaranya:
1. SEO Copywriting
Seorang SEO copywriter memiliki peran yang serupa dengan content writer. Mereka bertugas untuk membuat konten di sebuah website menggunakan teknik optimasi keyword.
Hal tersebut bertujuan agar konten yang dihasilkan pada halaman tersebut berpotensi untuk berada di posisi atas di mesin pencarian.
2. Marketing Copywriting
Konten yang menggunakan teknik copywriting adalah bertujuan untuk menyampaikan informasi penjualan dengan meyakinkan konsumen melalui penjelasan fungsi dan manfaat produk.
3. Technical Copywriting
Technical copywriting adalah teknik menulis yang lebih berfokus untuk memberikan pengetahuan mendalam tentang cara kerja suatu produk atau layanan.
Biasanya, technical copywriting banyak dibutuhkan pada industri produk kecantikan, teknologi, dan kesehatan.
4. Brand Copywriting
Brand copywriting adalah cara marketing yang bertujuan untuk menunjukkan identitas atau karakteristik dari sebuah brand.
5. Direct Response Copywriting
Direct response copywriting adalah konten tulisan yang bertujuan untuk mengajak seseorang mengakses sebuah tautan di website.
Siapa yang menggunakan copywriting?
Copywriting adalah inti dari hampir setiap bisnis. Tanpa copywriter, bisnis atau perusahaan tidak akan dapat membagikan pesan mereka dengan calon pelanggan untuk memperluas pasar mereka.
Semua perusahaan, lembaga pemerintah, produsen, pengecer, hingga organisasi nirlaba. Mereka semua membutuhkan dan menggunakan copywriter dan produknya copywriting.
Sebagai contoh, Apple Inc. Jika kamu menelusuri situs web mereka, kamu akan menemukan deskripsi produk mereka, seperti ini untuk MacBook Air seri terbaru.
Deskripsi produk seperti yang dimuat di laman resmi Apple ditulis oleh copywriter, kamu juga dapat melihat ada tautan ke video produk.
Tebak siapa yang menulis naskah untuk video itu? Kamu dapat menebaknya, seorang copywriter. Dan jika kamu menggeser halaman ke bawah, Kamu akan melihat deskripsi ini untuk chip keamanan khusus yang disertakan dalam laptop. Itu juga dibuat copywriter.
Copywriting adalah seperti yang kita kenal sekarang telah dipelajari dan diakui sebagai bagian penting dari pemasaran selama beberapa dekade.
Demikianlah informasi mengenai copywriting, mulai dari pengertian, contoh hingga jenis-jenis copywriting. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan kamu.